Panduan Lengkap Mendirikan Bengkel

8 01 2008

 

· Mendirikan Bengkel Umum Motor

Untuk para investor yang mempunyai background mesin atau yang bahkan awam sekalipun harus ada point-point penting yang harus dipahami dulu untuk mendirikan bengkel motor.

1. Penentuan Lokasi

Pemilihan lokasi harus memperhatikan potensi pasar yang tersedia di sekitar lokasi tersebut – tapi tetap memperhitungkan budget yang tersedia –

Pilih lokasi yang dekat dengan pasar, sekolah atau universitas, perumahan, perkantoran dan yang jelas lokasi calon bengkel jangan terlalu masuk kedalam / jauh dari jalan besar, paling tidak ada jalur angkutan umum yang rutin lewat sekitar lokasi

Pilih lokasi yang belum ada bengkel sejenis berdiri disitu, kecuali jika anda cukup PD untuk “bertarung” dengan mereka maka berdiri dimana saja tidak ada masalah.

Investor juga harus memperhitungkan apakah pendirian bengkel di lokasi yang diincar untuk dijadikan bengkel diijinkan oleh aparat kelurahan/kecamatan. Peraturannya harus ada ijin keramaian / HO yang ditandatangani oleh tetangga sekitar sebagai tanda tidak keberatan dilingkungannya ada bengkel yang berdiri.

HO ini jangan diremehkan karena banyak kasus investor sudah kontrak / bahkan beli tanah untuk mendirikan bengkel ternyata tidak diijinkan oleh tetangga sekitar!!!

Tips mudahnya, lihat aja didaerah sekitar lokasi, apakah ada usaha / bengkel apa saja yang sudah berdiri disitu. Kalau iya berarti gak ada masalah mengenai ijin HO

2. Bentuk bangunan

Kalau anda membangun atau memilih bangunan maka anda harus memperhatikan bentuk bangunan yang akan anda jadikan bengkel.

Berikut ini saya berikan lay out yang umumnya dijadikan lay out dasar bengkel-bengkel resmi – dimana idealnya setiap bengkel mempunyai tempat-tempat berikut

  • Ruang Tunggu Konsumen
  • Meja Penerima Tamu
  • Tempat Service
  • Gudang Spare Part
  • WC / Locker Mekanik
  • Ruang Konsultasi Konsumen
  • de el el

 

Ada beberapa alasan kenapa lay out seperti diatas :

1. Ruang Tunggu

Ruang tunggu konsumen harus bisa dilihat dari luar bengkel, anda harus ingat bahwa budaya orang jawa adalah sungkan / segan jadi kalo mereka melihat ada orang yang sedang menunggu sepedanya di servis maka mereka merasa nyaman dan tidak segan untuk masuk kebengkel karena ada “temannya”.

Ruang tunggu juga harus mempunyai akses melihat langsung sepeda mereka diservis. Saya kira hampir sebagian besar pemilik kendaraan pengen melihat sendiri, sepedanya mau diapain sih… Jika anda punya system pembuangan yang baik maka sepeda dapat diservis dengan arah membelakangi konsumen, tapi jika tidak maka sepeda motor yang diservis sebaiknya menghadap konsumen. Karena siapa yang mau disuguhi oleh gas buang dari kendaraan yang diservis

2. Tempat Servis Tune up

Tempat servis memang setiap pemilik ingin punya jumlah sebanyak-banyaknya karena berhubungan dengan kapasitas unit yang diservis, sehingga hubungannya dengan uang. Tapi fasilitas dan kenyamanan konsumen juga sangat berpengaruh pada kedatangan konsumen jadi buatlah yang sebanyak-banyaknya tapi jangan terlalu banyak!!!

Tempat servis harus bisa dilihat oleh konsumen di ruang tunggu dan juga orang yang lewat didepan bengkel karena bengkel adalah usaha yang bergerak dibidang jasa maka anda harus pamer segala fasilitas yang ada di bengkel itu.

Usahakan arah parkir sepeda motor yang diservis menghadap sebelah kiri dari mekanik, karena orang yang tidak kidal lebih nyaman memarkir kendaraan kearah kirinya

3. Tempat Servis Bongkar Mesin Ringan – Berat

Selain ada tempat servis untuk tune – up, ada tempat servis khusus untuk bongkar mesin baik ringan atau berat. Jangan dicampur karena pekerjaan ini relative lebih lama daripada tune up. Jadi lebih baik anda menjadwalkan konsumen yang ingin bongkar mesin bila jumlahnya tidak bisa dikerjakan dalam sehari daripada mengorbankan tempat servis tune up. Karena keuntungan bongkar mesin yang bisa memakan waktu berjam-jam lebih sedikit dibanding keuntungan tune up.

4. Gudang Spare Part

Gudang spare part harus berada ditempat yang mudah dijangkau oleh petugas penerima servis. Konsumen dan mekanik bisa dengan mudah membeli atau mengambil spare part kepada petugas penerima servis. Maka letaknya sebaiknya dibelakang petugas penerima servis, tetapi didisplay shingga mudah dilihat oleh konsumen ( Ingat harus pamer !!! ) Kalau perlu sebagian besar gudang dari kaca, sehingga isi / kelengkapan dari gudang anda bisa dilihat oleh konsumen

5. Toilet – Musholla

Sediakan Toilet yang representative, banyak kasus dimana ada orang yang fanatik memilih suatu tempat hanya karena toiletnya bersih – termasuk penulis ! – walau pelayanannya biasa saja. So jangan meremehkan. Kalau ruangannya memungkinkan sediakan Mushola, jadi kalo konsumen datang ke bengkel dia tidak perlu pergi keluar hanya untuk memenuhi kebutuhannya.

6. Ruang Konsultasi

Konsumen yang tidak puas dengan pelayanan dari mekanik-mekanik anda pasti ada! Maka sangat tidak elok bila ada konsumen yang marah-marah didepan semua orang, karena saya yakin konsumen yang lain sedikit banyak akan terpengaruh oleh marah komplainnya konsumen tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, sediakan ruang konsultan yang nyaman ( kalo bisa ada ac atau minimal kipas angin untuk mendinginkan konsumen ) juga berfungsi sebagai kantor anda/penanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasinya.

7. Locker / Ruang Istirahat Mekanik

Bila masih ada ruang, maka sediakan ruang locker untuk ganti mekanik atau istirahat. Para mekanik juga karyawan biasa yang membutuhkan privasi untuk ganti atau istirahat.Tempat tersebut bisa dijadikan ajang curhat antar mekanik baik mengenai pelayanan konsumen atau sharing masalah-masalah teknik.

About these ads

Aksi

Information

29 responses

19 05 2009
SRC MOTOR

SOFTWARE MANAJEMEN BENGKEL BISA KAMU DONLOT GRATIS!!!

Meliputi menu:
- Manajemen Persediaan Barang / Stok Barang
- Manajemen Servis
- Manajemen Mekanik
- Manajemen Jual Beli SparePart
- Manajemen Supplier
- Print Out bisa menggunakan Logo Bengkel, Nama Bengkel, Alamat Bengkel, Telpon Bengkel… KEREN KAN…

Bisa di Download di:

http://www.ziddu.com/download/4692101/MABENGv1.5Setup.exe.html

Bengkelku juga make software ini lho…
Moga Bermanfaat.

15 07 2009
wahyu

Mas, suwun infonya, saya mau beli perlengkapan bengkel (kunci2, compressor dll), dan spare part yang harus distock apa saja. suwun sebelumnya.

28 08 2009
dwi

pak saya sangat interest dgn penjabaran yg ada di rubrik ini. Sayamau tyk untuk info lengkap tentang usaha bengkel ada ga panduan yg lbh komplit dari ini? misalkan bukunya, terbitan apa,siapa pengarangnya? dan tersedia di kota SMG ga? coz saya mau buka usaha bengkel, jadi untuk pemula seperti saya, saya butuh banyak info tentang semua ini.thx.

27 10 2009
drajadnp

Saya ga tau apa ada yang memberikan Panduan Lengkap mendirikan Bengkel lebih komplet dari Blog manpower.
Karena artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya.
Jadi silakan infonya bila ada yang lebih lengkap, sehingga bisa menyempurnakan Blog manpower. tx :)

21 09 2009
Enco

Dmn ya tempat pembelanjaan accecoris mtor yg murah di daerah jakarta?

5 10 2009
budi firmansyah

Mas klo penjual spare part motor yang melayani grosir buat daerah bandung / jakarta dmn?
saya berencana mau menjadi supplier di Bandung?

Ada yang mengatakan bahwa harga spare part motor lebih murah di surabaya dari pada di jakarta, benar ga mas?

Mohon bantuan mengenai sumber-sumber spare part motor,,,

9 10 2009
yono kusworo

kenepa gak diteragkan cara menejmen promosinya

27 10 2009
drajadnp

Saya kira sudah banyak saya bahas di artikel-artikel mengenai promosi Bengkel.
Silakan di baca artikel-artikel saya yang lain. Kalo ada yang perlu disharingkan silakan comment lagi :)

26 10 2009
Tarmidi

Bagai mana cara untuk mendapatkan mekanik yg berkualitas? Saya lg butuh mekanik

20 01 2010
harun

kayanya ada servis gratis bagi pelanggan ngga nih……??

28 02 2010
amrul

pak klau jalanan ramai, tapi pinggir2anya sawah keterima nggak ya

22 04 2010
Syahrul

Berapa nilai investasi u/ jadi mitra AHASS….????

23 04 2010
tatank

mas drajat…ada ym gak..biar saya bisa konsultasi..klo bisa no telpp…

28 04 2010
drajadnp

email saja di drajadnp@gmail.com
08563080011

3 07 2010
Noviar Krist

Kondisi spt itu sering terjadi dmn2, nggak di jawa, sumatra maupun Batam tempat tinggal saya skrg. Saya rasa kondisi spt itu spt makan buah simalakama, spt saya ( mekanik Ahass di Batam ). Mau berhenti kerja ntar nggak makan. Mau buka bengkel, modal gak. Jd kenapa saya masih tetap bertahan di Ahass pada tahun ke 2 dgn sistem gaji harian + minggu masuk kerja dg upah gaji dibawah UMK ? Alasan pertama, modal untuk buka bengkel sendiri blm ckp sehingga saya hrs ttp bekerja sambil mengumpulkan modal pelan2 + “curi2″ ilmunya bos untuk modal buka bengkel nantinya.

9 08 2010
drajadnp

Sekali lagi…. orang merdeka adalah orang yang mempunyai banyak pilihan atas hidupnya

23 07 2010
Heru Oktaberana

Assalamualaikum.. Wr. Wb.. Mas drajad gmn kbrnya? Saya Mo ngomentari Mekanik gajinya kecil, Saya sangat prihatin kenapa mekanik di ahass gajinya jauh dari cukup untk kebutuhan mereka, padahal mekanik2 itu adalah aset utama yang nyata untuk AHASS mendapatkan hasil keuntungan ( uang ), Mereka ( Mekanik ) sudah mengeluarkan fikiran, kemampuan, fisik, dan lebih lagi resiko kesehatan mereka karena selalu kontaminasi dengan bahan2 berbahaya, seperti PB, Co, No dll, Saya cuma bisa berharap Main Dealer Benar2 memperhatikan Mereka dan di adakan suatu standar minimal gaji Mekanik, Walaupun kenyataanya kita tahu gajinya tergantung pemilik AHASS, klo dpt Boss yg Baik ya tinggi klo dpt yg Pelit Ya kecil, Jadi klo ada standarisasi pasti sangat membantu Mereka Untuk mendapatkan gaji yang layak sesuai perjuangan mereka, Semoga saja….. Amin terimakasih Mas Drajad artikel2nya sangat membantu, salam sukses…

9 08 2010
drajadnp

Terima kasih atas commentnya, mudah2an artikel saya bisa mencerahkan. Karena hidup hanya sekali…. tinggal kita mau memilih jenis kehidupan yang bagaimana yang kita akan pilih

7 11 2010
teguh

kalo ukuran lokasi cuma 5 x 8 m2 gimana bos….

16 11 2010
ichan

biasanya mekanik bekerja di ahass hanya sebagai jembatan menuju ke kehidupan lebih baik atau sebagai tempat untuk menggali ilmu di bengkel ahass.

yang menjadi permasalahan disini hampir semua jaringan ahass yang ada di indonesia megeluhkan susahnya pengaturan ketetapan kontrak kerja mekanik dalam waktu yang lama,miris nya mekanik hanya ingin memamfaatkan ahass sebagai batu loncatan menuju sukses.dan pemilik ahass akan bangga abila mekank nya itu juga berprestasi (kompeten dalam pekerjaan) kebanyakan mekanik akan meniggalkan ahass tempat nya bekerja setelah dia telah mersa cukup ilmu dan telah mendapatkan pelatihan PMT dan sertifikasi HONDA.

Yang saya tanyakan bagaimana cara mengatur ilmu yang didapatkan mekanik,apakah harus dibatasi ilmu yang didapatkan dari ahass,llantas apakah sistim kerja kontrak itu bagus untuk mekanik ahass atau tidak….mohon di berikan solusinya……trims sebelum nya….

8 01 2011
zaid anwar

salam kenal & Solidarity Forever
thanks alot infonya berguna bgt…moga informasi yang di bagikan menambah rezeki pak drajad.
pak saya kesulitan buat proposal. dapatkah bapak membantu saya?
saya butuh contoh & tip2 agar proposal saya tidak sia sia..thanks

15 03 2011
kurniawan

Maaf Bapak,saya mau menanyakan alamat dan no telp untuk membuat bengkel resmi honda AHASS,terimakasih

23 03 2011
drajadnp

Didaerah mana pak…

10 04 2011
yuzi opik

assalamualaikum mas, makasihnya mudah-mudahan jadi amal buat mas. amin

26 04 2011
Dwi Susanto Nan

pak,mohon masukanny.
saat ini bengkel sy sudah berjalan 2thn,kebanyakan konsumen dr mulut ke mulut karena letak bengkel diperkampungan.
sblmny sy sudah pernah bekerja dibengkel resmi dn umum,dan bengkel modifikasi.alat2 bengkel sudah 80%.(bongkas mesin&modifikasi)
yang jd pertanyaan,bagaimana mengembangkan usaha bengkel dikampung tanpa pindah lokasi.
saat ini saya sedang bekerja didealer mobil,guna menambah ilmu otomotif.
bengkel beroperasi malam hari dan hr minggu.
dtgg kbrny.
thank’s…

24 07 2011
m.syahroni

maaf pak mu nanya nih, klo mu dirikan bengkel H23 kira-kira butuh dana berapa ya dan untuk wilayah kab magetan kira-kira yang mudah di acc daerah mana ya thank`s sebelumnya…………….

21 08 2011
Jeremia

SOFTWARE NYA KOQ GK BS DI INSTAL YA BOSS….
MOHON BANTUANNYA ????

13 09 2011
drajadnp

kayaknya saya blm pernah kirim software… dari siapa ya?

7 02 2012
nanang

terima kasih atas infonya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: