Prospek Bisnis Bengkel

16 01 2008

Pertanyaan mendasar yang sampai sekarang masih ditanyakan adalah : Apakah Bisnis Bengkel ini menguntungkan ?  Bila saya punya modal sekian juta, berapa lama bisa balik modal di bisnis ini ? Dan bla….bla…bla sejenisnya

Sebelum menjawab pertanyaan mendasar diatas, kita harus menyadari sebelumnya pada hakekatnya, semua bisnis adalah seperti perjudian… kita baru tahu apakah usaha kita menguntungkan atau tidak pada saat kita berhenti berusaha………. Artinya ???

Yaa kita terlalu gampang menilai suatu usaha itu berhasil apa tidak dengan keuntungan yang diperolehnya alias kita menilai apakah uang yang didapat dari suatu usaha cukup banyak ato tidak baru bisa dikatakan untung pa tidak.

Pendapat ini tidak sepenuhnya salah memang, tapi tidak tepat. Jangan lupa keuntungan bisa berbentuk berbagai macam, tidak harus materiil tapi bisa juga non materiil. Yang paling berharga adalah PENGALAMAN. Dengan memulai usaha anda bisa mengerti cara kerja uang di kehidupan sehari-hari. Tiba-tiba anda bisa mengetahui bahwa lapangan kerja ternyata luas sekali, tidak sesempit yang kita bayangkan. Hanya dengan memulai satu langkah kecil yakni MULAI BERUSAHA !!!

Pendapat banyak pakar ilmu berwiraswasta, yakni dengan memulai yang kecil maka yang besar akan mengikuti. So…. Jika penulis ditanya apakah bisnis bengkel ini menguntungkan ?          

 Maka dengan yakin saya akan menjawab IYA!!! Yang perlu diarahkan kini bagaimana cara memperoleh keuntungan baik materiil maupun non materiil………..   ( idealnya kan emang dua-duanya J )

Pendapat klasik mengatakan “ Kegagalan adalah guru / pengalaman yang terbaik sangat tepat untuk menjadi alasan pengusaha-pengusaha yang usahanya mendapat ujian berat ( baca ambruk ) bisa dibuat semangat untuk bangkit. Tapi saya akan menyarankan seperti pendapat pakar motivator yang saya udah lupa namanya “ Kegagalan bisa dihindari dengan belajar dari pengalaman orang lain “

Jadi biarlah orang lain gagal dalam usahanya mendirikan bengkel untuk menjadi pengalamannya mendirikan bengkel lagi atau usaha yang lain, kita tinggal belajar dari pengalamannya untuk mulai mendirikan bengkel dengan kemungkinan gagal yang semakin diperkecil… ok

Sorry menyimpang agak jauh dari Topik, tapi mudah-mudahan uraian diatas bisa mencerahkan.

Mana yang lebih Prospek Bengkel Resmi atau Bengkel Umum ?

Untuk menjawabnya kita harus mengetahui dulu apa perbedaan mendasar / Keuntungan – Kerugian dari kedua Jenis Bengkel diatas.

 Keuntungan Bengkel Resmi

1.      Mempunyai system management yang standar, Pemilik tinggal menjalankan system tersebut tanpa perlu memikirkan cara membuatnya

2.      Pembinaan yang kontinyu dari Main Dealer, jadi pemilik tidak sendirian dalam menghadapi berbagai masalah dlm bengkelnya karena Main Dealer akan ikut membantu menyelesaikan

3.      Pelatihan Mekanik yang distandarisasi dan up to date. Jadi skill mekanik bisa ditingkatkan dengan pelatihan2 mekanik dari main dealer. Dimana informasi-informasi teknik terbaru dari suatu produk bisa terus diikuti

4.      Mendapat Pedoman-pedoman reparasi, sehingga mekanik punya panduan untuk melakukan servis sepeda motor lengkap dengan ukuran-ukuran yang standar

5.      Punya wadah tukar informasi dengan para pemilik bengkel yang lain, jadi bisa saling tukar strategi untuk bisa bahu-membahu memajukan bengkelnya masing-masing

6.      Mempunyai fasilitas harga khusus untuk pembelian tools atau spare part di Main Dealer

7.      Mendapatkan fasilitas Exterior dan Interior. ( Sampai dengan tahun 2007, satu bengkel AHASS bisa mendapat subsidi sampai l.k. 50 – 75 JUTA RUPIAH!!!! )

8.      Mendapatkan material promosi atau ikut dipromosikan oleh main dealer ( gratis tentu saja ) yaitu Nama Bengkel Resmi. Contoh AHASS ( Honda), YSS (yamaha) dll

9.      Yang paling penting adalah : Bengkel Resmi di “beri “ konsumen oleh Main Dealer yaitu pemberian kartu servis berkala untuk sepeda motor baru. Dengan cara demikian konsumen “dipaksa” masuk ke bengkel resmi untuk mendapatkan servis gratis dengan ditukar kartu.

10. Bayak banget sebenarnya, tp kl kebanyakan ntar bosan….

Kerugian Bengkel Resmi

Tidak begitu banyak kerugiannya sebenarnya hanya ada larangan : Menservis sepeda motor produk competitor. Contoh AHASS dilarang menservis sepeda motor non-Honda! Juga mematuhi policy dari Agen Tunggal Pemegang Merk ( ATPM ) seperti : Menjual spare part yang bukan genuine dan/atau oli yg non recommended gitu…

Lainnya hanya sekedar masalah image aja, seperti : Mekanik Bengkel Resmi hanya bisa tune up aja, tidak mau menservis sepeda motor lama, main ganti part de el el. Padahal semua yang dilakukan bengkel umum, Bengkel resmi juga bisa!!

Gimana dengan Bengkel Umum ?

Keuntungannya yaaa kebalikannya dari kerugiannya Bengkel Resmi…

Kerugiannya yaaa kebalikannya dari Bengkel Resmi…. He-he-he gitu aja koq repot

Maksud penulis sebenarnya adalah tidak semua beruntung bisa menjadi bengkel resmi, bahkan mayoritas hanya mempunyai kesempatan menjadi bengkel umum. Sehingga kalo mau jadi bengkel umum… ambil keuntungan seperti yang dimiliki oleh bengkel resmi sebanyak-banyaknya. Begitu juga bengkel Resmi tidak menjamin mesti rame, banyak bengkel resmi yang sepi en malah tutup berganti bengkel umum dengan berbagai alasannya. Jadi ambil keuntungan dari bengkel umum sebisanya…. J

Ok, mari kita bahas kiat-kiatnya gimana bisa sukses.

a)    Kalo anda pengen mendirikan bengkel umum, carilah lokasi yang benar-benar rame bahkan kalo perlu dekati bengkel yang sudah ada tapi rame. Karena paling tidak bengkel anda dapat limpahan dari bengkel terdekat anda.

b)    Bagaimana dengan penataan ruangannya? Tiru aja bengkel resmi, yang baik diambil en yang jelek di buang aja. Gimana caranya? Sering-sering aja maen-maen ke bengkel resmi en ngobrol-ngobrol ama pemiliknya ( contoh Lay Out Bengkel nanti saya lampirkan )

c)     Berapa modal yang anda perlukan?

             Let see……                                                   

1. Untuk pengadaan kunci-kunci, tools , meja kerja, gerinda, compressor, air gun dll anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 10.000.000. Bingung? Gampang, buku-buku tentang bengkel emank banyak, tapi pengalaman tetap yang utama. Cari mekanik yang anda kenal untuk membantu anda membeli tools & equipment tersebut. Kalo tidak punya kenalan? Yaa cepet cari kenalan… kalo mentok, kalo di sby hub saya aja ok? Akan saya bantu……..berkenalan dengan mekanik he-he-he

2.    Beli Meja Penerima Tamu, yang bisa di ditempati oleh computer en printer ( kalo gak punya komputer, paling tidak disediain dulu tempatnya ) dgn dana Rp. 1.000.000 udah bagus koq

3. Kursi Ruang tunggu, ini yang paling diremehkan oleh pemilik bengkel umum. Seadanya yang penting konsumen bisa duduk. Kunooo men. Sekarang ini jaman pelayanan. Buat konsumen senyaman mungkin, kalo perlu kasih hiburan TV ato minimal ada bahan bacaan. Dananya Kursi R. Tunggu, TV, Bahan bacaan  : Rp. 1.500.000

4. Siapkan piping system, seperti di bengkel-bengkel resmi. Paling tidak miriplah, soalnya cukup mahal bo! Bisa Rp. 1,5 jeti per pit service. Jadi kalo 5 pit, udah Rp. 7,5 Juta sendiri. Belum filter oil en udaranya. Sampe Rp.10.000.000 / 5 pit.Pemasangannya panggil tukang pipa.

5. Sediakan Pit service khusus yang tertata rapi, jangan setiap ruang kosong di buat service( lihat artikel panduan praktis mendirikan bengkel motor ). Lay outnya silakan lihat nanti penulis siapkan.

6.  Nah yang paling besar apaaan? Jelaaas Spare Part!!!  Kalo anda punya modal Rp. 50 juta adalah angka yang aman untuk kota besar, seperti Surabaya. Tapi gimana kalo gak laku? Nah jangan langsung dibelanjakan semua, beli dulu part-part fast moving, seperti kampas rem, kampas kopling, dispatch, gear set, accu en laen2. Jangan yg slow moving, seperti Knalpot, Velg dan sebangsanya. Bingung? Sekali lagi kenalan ma mekanik, minta advisenya. Ntar kalo udah jalan baru ketahuan karakter daerah anda itu, konsumennya suka meghabisin part apaan. Karena kebiasaan suatu daerah tuh laen-laen Bos…

7. Koq disuruh bawa-bawa mekanik terus seh? Nah ini yang penting sebenarnya. Kiat mudahnya bikin bengkel, anda kalo udah punya lokasi cari mekanik yang bagus ( kalo bisa yg murah juga, tp jgn terlalu berharap deh ). Saya termasuk yang tidak setuju paham : Kalo mau bikin bengkel harus paham mesin en bisa servis!!!! No way men. Yang paling penting dalam setiap usaha adalah intuisi kita dalam melihat peluang. Jadi caranya ambil langsung mekanik yg bagus untuk membantu persiapan mendirikan bengkel – meski korban bayar gaji 1 bulan tanpa dapat untung – gak masalah. Anda dapat keuntungan yang lain yaitu bengkel yang sudah siap opersional. Siapkan dana Rp.1.000.000 deh

Apakah gak kemahalan? Tergantung kualitasnya, bisa mahal bisa murah. Tapi prinsipnya cukup 1 orang mekanik yang pinteeer, yang lain cukup bisa servis ringan aja jadi bisa dibayar murah. Jangan pintar semua, selain bayarnya mahal kemungkinan kacau cukup besar, karena semuanya saling menonjolkan diri sendiri. Jadi gak efektif.

8. Papan Nama. Ini sangat perlu karena semua usaha harus punya Trade Mark. Gimana seh cara enaknya? Gandeng sponsor! Sssttt tak kasih bocoran ya. Daftarkan aja bengkel anda jadi jaringan Spare Part resmi, jadi bukan bengkelnya. Karena peluang menjadi jaringan spare part jauh lebih mudah daripada servis. Kalo gak? Gandeng aja produk-produk oli ato yg laen. Yang penting ada namanya!

9. Is that All? Gak seh banyak juga. Cuman gini aja untuk sementara dah cukup koq! Sederhananya kalo bengkel sekelas Surabaya, diluar lokasi dan bangunan angka Rp. 75 – 100 juta adalah angka yg aman. Kalo di kab. Kecil seperti Madiun, lumajang de el el yaa Rp. 50 -75 Juta dah aman.

d)    Promosi dan Pelayanan.

Nah… terus terang aja kalo membahas soal Promosi dan pelayanan sangat luas dan menantang. Penulis akan berikan kiat-kiatnya dalam artikel tersendiri. Karena akan saya bahas mengenai berbagai jenis promosi dan pelayanan dimana saya yakin tidak hanya bengkel umum aja yang perlu menerapkannya. Bengkel Resmi pun perlu untuk melakukan inovasi supaya bengkelnya lebih kompetitif dibanding kompetitornya tentu saja.

Ok…. Tunggu artikel berikutnya.

 

About these ads

Aksi

Information

27 tanggapan

25 05 2009
Bakri Sidabutar

Hi,
Thanks ya Mas buat article nya…..saya benar2 terinspirasi setelah membaca article ini. Saya mau lihat dulu gimana prospek bisnis bengkel ini karena saya emang harus selalu extra hati2 utk invest.

Cheers,
Bakri Sidabutar

7 09 2009
Sidabutar

berapa modal seluruhnya untuk bisnis bengkel sepeda motor?

27 10 2009
drajadnp

saya sudah jabarkan di “Panduan Lengkap Mendirikan Bengkel “.
Silakan dinikmati…. :)

16 09 2009
amar fierdaus

mas manpower terima kasih buat semua infonya. karena saya ingin membuka bengkel juga. kemarin sdh coba contact ke honda untuk pengajuan bengkel AHASS tetapi mereka msh belum melayani bengkel baru. dan saya masih tertarik dengan usaha bengkel yg minimal memiliki standart pelayanan bengkel resmi.

klo tdk merepotkan saya mohon waktunya untuk bisa sharing langsung dengan mas

salam kenal
amar fierdaus
0816515255

27 10 2009
drajadnp

Salam kenal juga mas.
silakan bisa sharing langsung atau email di drajadnp@gmail.com
Tx

22 09 2009
rudy harum

thanks mas,rencana buka bengkel di manado, prospek bagus untuk manado hanya mekanik banyak nda bagus
kalo cari di jawa ada referensi nga mas

rudi manado

26 11 2009
darmet

ok bgt bos! mkasih uda namba wawasan n jd mantapkan
rencana aku mau bukan bengkel di BENGKULU. .
dimana nyari aplikasi program utuk manajemennya???
bls

21 01 2010
heru

Bos.. bagaiman caranya kita masuk jaringan resmi spare partnya ya..?
tks. Ditunggu via email heruauto@gmail.com

6 05 2010
Iway

duh mas klo usaha dibidang jasa bukan cuman ito, justru 80% nya yg penting….kualitas x. sy jamin konsumen g bakalan lari

12 05 2010
drajadnp

tergantung segi pandangnya mas…
( dan kebanyakan bengkel konvesional berpandangan sama dengan mas)
yang saya bahas ini adalah dengan asumsi kualitas teknik SDM sudah baik, Karena pelatihan sebagai mekanik jg banyak dimana-mana tetapi yang sering terlupakan adalah cara “menjual” bengkel kita

13 06 2010
ioio

bisa minta referensix dari mana ms,aq butuh ni……….plis kkirim k emailq,bagoes_aka_ioio@yahoo.com

2 07 2010
marta

Kami ingin sekali bekerjasama dengan PT astra honda, terutama dalam hal ,mendirikan bengkel resmi dan dailer, kami berharap honda bisa memberikan penjelasan baik tata caranya, serta peluangnya kepada kami
terimakasih

9 08 2010
drajadnp

Waduh mbak / bu, saya bukan PT Astra Honda. Silakan pertanyaan ibu ajukan ke PT AHM. Tx

28 07 2010
bram donal

saya sangat berterima kasih karna info info yang di berikan sangat membantu karena kita kan ndak berhasil tanpa dukungan dan kerja sama dan terus berikan lah infonya supaya negara kiya ngak kalah pangsa pasar dengan negara lain

3 12 2010
Meli

>Saya termasuk yang tidak setuju paham : Kalo mau bikin bengkel harus paham mesin en bisa servis!!!! No way men.

Terus gimana kiat nya biar ga dibodoh2i ama montir, kalo kita sendiri ga ngerti mesin en servis? Nih montir disini, sukanya dikit2 bubut lah, drat lah. Jadi kadang customer complain, bikin biaya membengkak soalnya.

10 12 2010
drajadnp

Ok… jadi kt satu paham neh :))
Mungkin artikel saya yang lain bisa sedikit bantu

12 12 2010
Meli

Udah baca artikel yang lain. Stil can’t get it :p
Ga ngerti gimana buka bengkel tanpa perlu paham mesin dan service, tapi ga dibodoh i ama montir. Pengalaman, customer jadinya nyari si montir mulu. Bukan nyari bos nya. Tapi bagian komplain, komplain ke bos nya.

10 12 2010
drajadnp

Ok… jadi kt satu paham neh :))
Mungkin artikel saya yang lain bisa sedikit bantu

5 12 2010
dean

askum…
matrswn bngt atas infonya
kebetulan aq ada rencana buka bengkel motor….
kalau boleh tau dana paling minim brapa ya …? aq tinggal di kota kecil…. mksh.

9 12 2010
hendri

Kpd pak Jumadi n mas Drajad ato kepada yang laen, untuk bengkel yang tingkat keramaiannya sedang kira2 break event point idealnya berapa lama ya ? trimakasih

25 03 2011
suswady

makasih boz ats arahannya,mo tanya gmn carax kita bisa join dgn produk oli bensin n solar

3 04 2011
kukuh

mas,saya kmren tanya maen dealer ahass katanya sudah tutup untuk pembukaan bengkel ahass?saya mau tnya kalau bengkel resmi yamaha masih d pluang g

8 11 2011
dn007

Untuk usaha bengkel terutama saya bicara BENGKEL UMUM, memang yang di perlukan adalah MENTAL BAJA PEMILIK, yaitu dari segi manajemen bengkel, pencatatan pembukuan, kotor nya bengkel, POLUSI UDARA, POLUSI SUARA tingkat komplain pelanggan, pengaturan spare part, kesabaran dlm mengatur sdm atau istilah nya manajemen mekanik karena mereka merupakan ujung tombak,..saran saya paling tidak pemilik bengkel harus mengetahui jenis dan nama spare part, ..dan kanibalisasi..itu modal paling utama, dan saya yakin seiring dengan waktu akan lebih paham dan mengerti, untuk masalah pemilik apakah harus bisa service saya setuju dengan mbah drajad..TIDAK PERLU HARUS BISA SERVICE MESIN, untuk mengetahui kualitas seorang mekanik tidak sulit anda cukup punya buku katolog mesin baik itu honda, yamaha, suzuki dan kawasaki, dan test mekanik ybs untuk menyebutkan part tsb …kalau dia bisa menyebutkan seluruh part tanpa keliru berarti sudah bagus, untuk test praktek dan test kelistrikan juga tdk sulit…..entar saya sambung lagi..he..he…

22 11 2011
edo

kapan ya mulai usaha buka bengkel’

11 12 2011
bayu

thanks brother…. saya punya rencana mau bka bengkel, sya stju mas klo bisnis itu sprti prjudian

25 04 2012
Wiwit Puspita

gan….trims infonya…

26 04 2012
adi

Jika ada rekan2 sekalian berminat untuk memiliki bengkel resmi Yamaha di area Jogja ada 1 rekan saya yg bersedia di take over total mengingat usia beliau sudah tua., terletak di area strategis. Profit bersih diatas 20jt. Harga 1,7M. Kondisi bengkel sudah jadi satu dgn Rumah yg terletak di belakang bengkel. Jd bisa untuk tempat tinggal. 081227887337

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: