Syarat Pengajuan Jadi AHASS

9 01 2008

Ada beberapa bengkel Resmi Sepeda motor di Indonesia, mulai dari

  • Honda dengan AHASS ( Astra Honda Authorized Service Station )
  • Yamaha dengan YSS ( Yamaha Service Shop )
  • de el el

Bagaimanakah caranya menjadi bengkel resmi en seberapa menguntungkan kah dibandingkan bengkel umum?

Bengkel resmi yang paling populer dan sangat tersebar di seluruh Indonesia jelas saja Bengkel Resminya Honda yaitu AHASS. Nah gimana caranya menjadi AHASS?

Setiap daerah di indonesia, semua pengajuan menjadi AHASS bisa langsung diajukan ke Main Dealer masing-masing daerah.

Di Jakarta ada Wahana Makmur Sentosa, Jawa Barat ada Daya Adira Mustika, Jawa Tengah ada HSO dan Jawa Timur ada MPM Motor.

Sebagai informasi Jaringan Honda ada 3 jenis yaitu :

H1 : Dealer ( Penjualan ), jadi jaringan dengan status H1 berhak menjual sepeda motor Honda Produksi Astra Honda Motor ( AHM )

H2 : AHASS ( Bengkel ), untuk jaringan dengan status H2, berhak menerima Kartu Perawatan Berkala (KPB) dari sepeda motor Honda yang baru serta menerima service dari sepeda motor Honda lama

H3: Spare Part, jaringan ini berhak menjual spare part Honda  Genuine Part (HGP)

Semua toko/usaha dengan status diatas berhak menerima fasilitas-fasilitas khusus dari PT. Astra Honda Motor (AHM) dan Main Dealer.

Status usaha dapat dirangkap seperti : H123, H12, H1, H23, H2 dan H3. Tergantung ijin dari Main Dealer dan kemampuan anda

Nah yang perlu anda siapkan proposal pengajuan menjadi AHASS yang berisi  : 

  • Surat Permohonan jadi AHASS

Yaaa tentu saja anda harus menulis surat permohonan jadi AHASS supaya Main Dealer tahu, anda kesitu mau apa. Kalo tidak ntar dikira minta sumbangan, sudah syukur tidak diusir Satpam. Redaksinya? Bebas , sebenarnya ada format dasarnya tapi tidak terlalu prinsip. Yang jelas tulis nama, alamat, pekerjaan anda, trus tulis permohonan jadi AHASS dengan lokasi dimana, alamatnya en ukuran luasnya.

  • Foto Bangunan calon Bengkel

Perlu anda ketahui, peminat AHASS sangat banyak jadi kalo anda hanya mempunyai keinginan jadi AHASS tanpa punya tempat spesifik, maka Main Dealer gak segan-segan nolak. Jadi anda harus punya tempat yang fix dulu,  lebih bagus sih milik sendiri ato minimal sudah dikontrak. Kalo tempatnya gak sesuai dengan mapping dari main dealer? ya siap-siaplah kecewa karena MD dengan tanpa ragu-ragu akan menolak pengajuan anda.

Nah sebelum anda berspekulasi dengan membeli atau mengkontrak bangunan, survey dulu lokasinya ( lihat artikel Panduan Lengkap Mendirikan Bengkel ) dan pastikan tidak ada AHASS lain yang ada disitu. Minimal Radius 10 km deh biar lebih aman dan lebih bagus lagi kalo deket pusat-pusat keramaian ( Pasar, sekolah, perumahan de el el ).

Kalo udah ok, Foto tampak depan Bangunan anda dan foto pula lingkungan di sekitar bangunan. Oh ya Main dealer akan lebih senang bila Bangunan anda mempunyai luas yang ideal… ya kira-kira 8 m x 10 m. koq? nanti kita jelaskan kenapa…

  • Lay out Bangunan Bengkel

Tenang…. anda tidak disuruh menggambar denah bengkel yang ribet, Main Dealer cuma pengen tau berapa panjang x lebar bangunan anda. Karena dengan tau panjang – lebarnya maka Main Dealer bisa menentukan bangunan ini layak apa tidak jadi AHASS. Juga pengen tau bangunan ini dr tembok pa kerdus…. bercanda bos..

  • Denah sekitar Bengkel

Nah disini anda diminta menggambar denah sekitar bangunan anda. Yaa semacam peta lah, nah tipsnya gambarkan potensi-potensi daerah tsb. Misal gambar pasar, sekolah ato perumahan harus anda tulis jelas disitu. Kalo perlu anda kasih data populasi spd motor Honda disitu, ya sederhana aja. Anda gak perlu jadi petugas sensus….

  • Fotocopy KTP dan KSK

Persyaratan standar,  agar jelas anda itu penduduk yang jelas dan bukan imigran gelap dan jangan lupa lampiri foto. Biar Main dealer hafal dengan wajah anda, kan yg ndaftar ribuan? (maksa yaa )

  • Ok yang terakhir tentu saja berdoa

agar keinginan anda terpenuhi dan ada tips….. Jangan terlalu membual / promosi berlebihan mengenai daerah anda karena karyawan Main Dealer yang bertugas menangani Pendirian AHASS – disebut Service Engineer – hapal dengan berbagai daerah serta potensinya diwilayahnya. dan kebanyakan kerjanya memang keliling kota, so jangan terlalu over karena mereka tidak akan suka dengan attitude seperti itu. Dan itu akan mempengaruhi apakah Proposal anda diterima atau hanya ditaruh disekertaris untuk ditolak!!!

About these ads

Aksi

Information

13 responses

2 05 2014
maz gun

boss kalo usahae ng gresik gmana aq ada ahass yg di nego. call 082231547177

2 05 2014
maz gun

modal mungkin skitar 1,9 m

18 07 2014
henry wasito

Saya berminat membuka h1 kalau bisa sampai h3

19 08 2014
Budi Rahmat

Assalamualaikum..
Maaf Mau Tanya, Untuk alamat lengkap Wahana Makmur Sentosa di jakarta ,bisa di email kan saya pak.

Terimakasih saya tunggu ya pak

29 08 2014
junaesi

tahun 2014 kira2 linimal biayanya brapa pak.trim

30 12 2014
drajadnp

200-300 Juta di luar gedung

15 09 2014
audia maharani

untuk bergabung di wilaya bontang kaltim kemana yah?

30 12 2014
Johny Harjanto

kalau dibawah itu bisa ngak ya

16 09 2014
yulianakumau

saya mempunyai rumah dekat dengan kantor kecamatan dan smk..pinggir jln tapi bukan jln utama..saya ingin bergabung dengan bengkel ahass…yg saya ingin tanyakan permohonan saya diajukan ke bengkel ahass terdekat atau ke mana yah?…khususx untuk wilaya katimantan timur

28 09 2014
BEBEN JAHUDIN

PA/ BU SYA SYA PENGEN BUKA DELER MTOR HONDA, LOKASI OK JAUH DRI DELER LAIN PASILITAS BANGUNAN OK MILIK SENDIRI GA PERCAYA TLONG SURPAI SAYA ORANG TERKENAL DIWILAYAH SAYA DAN SERING KERJASAMA SAMA SORUM KECIL TUK MEMBANTU MEMASARKAN TPI UNTUNG NYA TIPIS YG BER ALAMAT BLOK RABU DS SINDANG KAB MAJALENGKA 45471

9 10 2014
mitrabangun makmur

siang pak
saya ada rencana buka bengkel ahass dibrebes jawa tengah.
tapi saya belum ada tempat, saya takut kalau sudah beli tanah terus saya bangun, ternyata MD tidak recoment.
kalau tanya dulu sama MD daerah mana disekitar brebes yg perlu bengkel ahass bisa gak?

31 10 2014
rio

kata teman saya sekarang kira2 300-400 juta untuk mendirikan bengkel di luar gedung

30 12 2014
drajadnp

Iya, karena subsidi dari AHM sudah dihapus

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: