Persiapan Menjadi AHASS

12 01 2008

Apabila permohonan anda disetujui oleh Main Dealer sebagai AHASS, maka anda akan mendapat surat persetujuan untuk menjadi AHASS. Anda harus mempersiapkan bengkel anda untuk siap mengikuti standar AHASS baik kalau ada permintaan renovasi bangunan atau memenuhi kelengkapan tools.

Nah sebagai gambaran persiapan anda, maka Main Dealer melalui Service Engineer nya akan memberikan denah lay out standar mereka – yang harus anda setujui – karena standarisasi yang membedakan antara bengkel resmi atau bengkel umum. Bila tidak perlu ada renovasi maka bersyukurlah anda karena tidak ada pengeluaran tambahan. Untuk itu tipsnya adalah pilih atau beli bangunan yang tidak ada sekat-sekat atau tiang-tiang penyangga didalamnya karena hal itu sangat mengganggu flow dari bengkel. Selanjutnya yang perlu anda pikirkan selanjutnya adalah melengkapi kebutuhan tools yang cukup banyak…. Saran penulis bila memang punya dana yang cukup sebaiknya beli selengkap-lengkapnya tools di Main Dealer, karena walaupun kelihatan mahal tapi kualitasnya sebanding dengan harganya.

Rincian tools yang harus anda beli adalah ( harga tahun 2007 ):

DAFTAR TOOLS AHASS

Wow….! Penulis yakin anda akan cukup mengernyitkan dahi melihat begitu banyaknya tools yang harus anda beli. Bahkan anda atau mekanik sekalipun belum tentu tahu kegunaan masing-masing alat tersebut. Tenang kami akan memberikan petunjuk pada artikel berikut.

Dan yang perlu diingat bahwa tools sebanyak itu belum memenuhi peralatan dasar dari bengkel. Sederhananya anda tidak akan bisa melakukan tune up – service dasar sepeda motor – tanpa membeli tools tambahan. Karena yang saya sebut diatas adalah tools khas dari Honda dan bukan umum dipakai dipasaran. Jadi sengaja saya tidak berikan fotonya – gak enak aja ntar ada yang niru J -. Selain itu hanya AHASS yang berhak beli tools diatas dengan harga khusus. Tools yang serupa dipasaran bukan buatan atau dari PT. Astra Honda Motor ( AHM ) karena menjual tools ke bukan AHASS adalah Pelanggaran !!!!

Selanjutnya Service Enginner Main Dealer akan memberikan saran / petunjuk mana dulu Tools yang harus dibeli, karena tidak semua tools harus dipenuhi oleh AHASS baru. Baik karena beberapa alat harus ditunjang oleh Interior yang memadai atau mekanik harus menjalani training dulu sehingga mereka paham cara pemakaiannya. Tetapi sekali lagi penulis sarankan kalau anda ingin AHASS anda cepat maju maka salah satu syaratnya adalah tools yang lengkap, selain memudahkan mekanik dalam bekerja juga menjadi nilai jual yang ampuh kepada konsumen.

Nah bila anda sudah memenuhi syarat kelengkapan tools dan bangunan sudah memenuhi standar yang ditetapkan selanjutnya anda dapat mengirimkan mekanik-mekanik anda untuk magang ke Main Dealer. Gratiiisss! ( sampai artikel ini ditulis ). Inilah enaknya menjadi Bengkel Resmi segala kebutuhan untuk operasional dibantu oleh Main Dealernya. Selain mekanik, anda juga bisa mengirimkan petugas Front Desk ( penerima service ) untuk magang ke MD selama 2 bulan. Dalam waktu itu diharapkan skill karyawan anda cukup bagus dan sesuai standar Honda untuk bekerja di bengkel anda.

Bila sudah dievaluasi persiapan bengkel anda menjadi AHASS sejak surat persetujan diterbitkan dan dinyatakan layak, maka calon AHASS akan mendapatkan Surat Pengangkatan Sementara (SPS ). Terbitnya SPS ini bisa bervariasi tergantung kesiapan dari calon AHASS. Semakin cepat dia melengkapi syarat-syarat dari MD dan mempunyai mekanik-mekanik yang siap bekerja sesuai standar AHASS maka SPS semakin cepat diraih. Sebaliknya Surat Persetujuan bisa dibatalkan bila calon AHASS tidak segera melengkapi syarat-syaratnya…. Tapi hal ini sangat-sangat jarang terjadi. Kecuali kalo calon AHASSnya sudah gak minat lagi jadi AHASS.

Nah selanjutnya SPS…. Bagaimanakah ?

Surat Pengangkatan Sementara diberikan kepada calon AHASS baru yang telah memenuhi syarat2 antara lain sebagai berikut :

1. SDM yang layak. Mekanik yang telah magang di Main Dealer dan mampu melakukan servis ringan atau berat

Petugas frontdesk yang memahami alur kerja bengkel dan aturan-aturan main AHASS. De el el

2. Tools and Equipment sudah lengkap

mulai Bike Lift, Baju Mekanik, Mechanic truster, Kompressor dll

3. Program bengkel ( Computerized ) sudah dapat di aplikasikan

4. Promosi sudah dilakukan ( detail strategi promosi dibahas terpisah )

Maka dalam waktu lbh kurang tiga bulan maka SPS bisa menjadi AHASS dengan diterimanya Nomor AHASS dari PT. AHM.

Sebenarnya SPS sama dengan AHASS hanya tanpa nomor gitu aja.

Dari Surat Persetujuan, kemudian SPS dan selanjutnya menjadi AHASS, bagian yang terberat adalah proposal kita disetujui oleh Main Dealer sehingga mendapat Surat Persetujuan. Selanjutnya dapat mengalir seperti air…… Tantangan berikutnya adalah Mengembangkan AHASS menjadi bisnis yang menguntungkan. Walaupun ada Main Dealer yang membimbing AHASS, tetap maju mundurnya AHASS tergantung sepenuhnya dari Pemilik AHASS itu sendiri.

Nah bagaimanakah kiat-kiatnya? Kita akan bahas pada artikel mendatang. Kiat-kiat ini juga berlaku untuk pengusaha-pengusaha bengkel umum maupun resmi. Sengaja kita memakai bengkel resmi sebagai acuan, karena secara umum, Bengkel resmi mempunyai sistem yang lebih baik dari Bengkel Umum.

 


Aksi

Information

6 responses

3 03 2013
Ahliwan Ardhinata

selamat malam juragan yang budiman.
saya iwan dari gresik.
saya ingin mendirikan bengkel AHASS H2 H3.

bisakah diantara juragan juragan ini membantu saya untuk memberikan contoh format surat permohonan menjadi AHASS? serta contoh proposal kerjasama bengkel AHASS yang akan saya tujukan pada MPM jawa timur.

kalau berkenan membantu silahkan juragan kirimkan ke email saya ahliwan.ardhinata@rocketmail.com

terimakasih banyak saya ucapkan atas forum ini dan juga kepada juragan yang berkenan membantu saya.

27 08 2013
han wibowo

klo mendirikan ahass di bantul MD nya mana boss??

5 03 2015
Roby

apakah ada pengusaha bengkel ahass yang bisa dijadikan semacam bapak angkat kah untuk orang yang mau mendirikan bengkel ahass baru sebagai tempat bertanya dan sharing. kalau ada, tolong diinformasikan. terimakasih.

19 04 2016
yayat sudrajat

Saya tertarik dan berminat utk berbisnis bengkel AHASS motor Honda. Saya memiliki (milik pribadi) tanah dan bangunan di pinggir jalan Mangunsarkoro Bekasi Jaya Bekasi Timur. Dekat perumahan Taman Kota. Semoga minat saya ini terkabulkan. Amin

3 10 2016
Rudi

Apa bs ahass diperjual belikan?
Di daerahku ahass yg dijual tdk bs diganti nama pemilik yg baru apa benar?
Apa mungkin akal2an orang dalam?
Tolong dijawab ke yantorudi818@gmail.com….trima kasih

4 10 2016
Admin

Secara aturan, AHASS tidak bisa diperjualbelikan.
Bila terjadi kasus jual beli, bisa dipastikan itu terjadi tanpa seijin Main Dealer.
Tetapi bila ada AHASS yang mundur, bisa diganti dengan AHASS yang baru di tempat yang sama dan itu diijinkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: