Prospek Bisnis Bengkel

16 01 2008

Pertanyaan mendasar yang sampai sekarang masih ditanyakan adalah : Apakah Bisnis Bengkel ini menguntungkan ?  Bila saya punya modal sekian juta, berapa lama bisa balik modal di bisnis ini ? Dan bla….bla…bla sejenisnya

Sebelum menjawab pertanyaan mendasar diatas, kita harus menyadari sebelumnya pada hakekatnya, semua bisnis adalah seperti perjudian… kita baru tahu apakah usaha kita menguntungkan atau tidak pada saat kita berhenti berusaha………. Artinya ???

Yaa kita terlalu gampang menilai suatu usaha itu berhasil apa tidak dengan keuntungan yang diperolehnya alias kita menilai apakah uang yang didapat dari suatu usaha cukup banyak ato tidak baru bisa dikatakan untung pa tidak.

Pendapat ini tidak sepenuhnya salah memang, tapi tidak tepat. Jangan lupa keuntungan bisa berbentuk berbagai macam, tidak harus materiil tapi bisa juga non materiil. Yang paling berharga adalah PENGALAMAN. Dengan memulai usaha anda bisa mengerti cara kerja uang di kehidupan sehari-hari. Tiba-tiba anda bisa mengetahui bahwa lapangan kerja ternyata luas sekali, tidak sesempit yang kita bayangkan. Hanya dengan memulai satu langkah kecil yakni MULAI BERUSAHA !!!

Pendapat banyak pakar ilmu berwiraswasta, yakni dengan memulai yang kecil maka yang besar akan mengikuti. So…. Jika penulis ditanya apakah bisnis bengkel ini menguntungkan ?          

 Maka dengan yakin saya akan menjawab IYA!!! Yang perlu diarahkan kini bagaimana cara memperoleh keuntungan baik materiil maupun non materiil………..   ( idealnya kan emang dua-duanya J )

Pendapat klasik mengatakan “ Kegagalan adalah guru / pengalaman yang terbaik sangat tepat untuk menjadi alasan pengusaha-pengusaha yang usahanya mendapat ujian berat ( baca ambruk ) bisa dibuat semangat untuk bangkit. Tapi saya akan menyarankan seperti pendapat pakar motivator yang saya udah lupa namanya “ Kegagalan bisa dihindari dengan belajar dari pengalaman orang lain “

Jadi biarlah orang lain gagal dalam usahanya mendirikan bengkel untuk menjadi pengalamannya mendirikan bengkel lagi atau usaha yang lain, kita tinggal belajar dari pengalamannya untuk mulai mendirikan bengkel dengan kemungkinan gagal yang semakin diperkecil… ok

Sorry menyimpang agak jauh dari Topik, tapi mudah-mudahan uraian diatas bisa mencerahkan.

Mana yang lebih Prospek Bengkel Resmi atau Bengkel Umum ?

Untuk menjawabnya kita harus mengetahui dulu apa perbedaan mendasar / Keuntungan – Kerugian dari kedua Jenis Bengkel diatas.

 Keuntungan Bengkel Resmi

1.      Mempunyai system management yang standar, Pemilik tinggal menjalankan system tersebut tanpa perlu memikirkan cara membuatnya

2.      Pembinaan yang kontinyu dari Main Dealer, jadi pemilik tidak sendirian dalam menghadapi berbagai masalah dlm bengkelnya karena Main Dealer akan ikut membantu menyelesaikan

3.      Pelatihan Mekanik yang distandarisasi dan up to date. Jadi skill mekanik bisa ditingkatkan dengan pelatihan2 mekanik dari main dealer. Dimana informasi-informasi teknik terbaru dari suatu produk bisa terus diikuti

4.      Mendapat Pedoman-pedoman reparasi, sehingga mekanik punya panduan untuk melakukan servis sepeda motor lengkap dengan ukuran-ukuran yang standar

5.      Punya wadah tukar informasi dengan para pemilik bengkel yang lain, jadi bisa saling tukar strategi untuk bisa bahu-membahu memajukan bengkelnya masing-masing

6.      Mempunyai fasilitas harga khusus untuk pembelian tools atau spare part di Main Dealer

7.      Mendapatkan fasilitas Exterior dan Interior. ( Sampai dengan tahun 2007, satu bengkel AHASS bisa mendapat subsidi sampai l.k. 50 – 75 JUTA RUPIAH!!!! )

8.      Mendapatkan material promosi atau ikut dipromosikan oleh main dealer ( gratis tentu saja ) yaitu Nama Bengkel Resmi. Contoh AHASS ( Honda), YSS (yamaha) dll

9.      Yang paling penting adalah : Bengkel Resmi di “beri “ konsumen oleh Main Dealer yaitu pemberian kartu servis berkala untuk sepeda motor baru. Dengan cara demikian konsumen “dipaksa” masuk ke bengkel resmi untuk mendapatkan servis gratis dengan ditukar kartu.

10. Bayak banget sebenarnya, tp kl kebanyakan ntar bosan….

Kerugian Bengkel Resmi

Tidak begitu banyak kerugiannya sebenarnya hanya ada larangan : Menservis sepeda motor produk competitor. Contoh AHASS dilarang menservis sepeda motor non-Honda! Juga mematuhi policy dari Agen Tunggal Pemegang Merk ( ATPM ) seperti : Menjual spare part yang bukan genuine dan/atau oli yg non recommended gitu…

Lainnya hanya sekedar masalah image aja, seperti : Mekanik Bengkel Resmi hanya bisa tune up aja, tidak mau menservis sepeda motor lama, main ganti part de el el. Padahal semua yang dilakukan bengkel umum, Bengkel resmi juga bisa!!

Gimana dengan Bengkel Umum ?

Keuntungannya yaaa kebalikannya dari kerugiannya Bengkel Resmi…

Kerugiannya yaaa kebalikannya dari Bengkel Resmi…. He-he-he gitu aja koq repot

Maksud penulis sebenarnya adalah tidak semua beruntung bisa menjadi bengkel resmi, bahkan mayoritas hanya mempunyai kesempatan menjadi bengkel umum. Sehingga kalo mau jadi bengkel umum… ambil keuntungan seperti yang dimiliki oleh bengkel resmi sebanyak-banyaknya. Begitu juga bengkel Resmi tidak menjamin mesti rame, banyak bengkel resmi yang sepi en malah tutup berganti bengkel umum dengan berbagai alasannya. Jadi ambil keuntungan dari bengkel umum sebisanya…. J

Ok, mari kita bahas kiat-kiatnya gimana bisa sukses.

a)    Kalo anda pengen mendirikan bengkel umum, carilah lokasi yang benar-benar rame bahkan kalo perlu dekati bengkel yang sudah ada tapi rame. Karena paling tidak bengkel anda dapat limpahan dari bengkel terdekat anda.

b)    Bagaimana dengan penataan ruangannya? Tiru aja bengkel resmi, yang baik diambil en yang jelek di buang aja. Gimana caranya? Sering-sering aja maen-maen ke bengkel resmi en ngobrol-ngobrol ama pemiliknya ( contoh Lay Out Bengkel nanti saya lampirkan )

c)     Berapa modal yang anda perlukan?

             Let see……                                                   

1. Untuk pengadaan kunci-kunci, tools , meja kerja, gerinda, compressor, air gun dll anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 10.000.000. Bingung? Gampang, buku-buku tentang bengkel emank banyak, tapi pengalaman tetap yang utama. Cari mekanik yang anda kenal untuk membantu anda membeli tools & equipment tersebut. Kalo tidak punya kenalan? Yaa cepet cari kenalan… kalo mentok, kalo di sby hub saya aja ok? Akan saya bantu……..berkenalan dengan mekanik he-he-he

2.    Beli Meja Penerima Tamu, yang bisa di ditempati oleh computer en printer ( kalo gak punya komputer, paling tidak disediain dulu tempatnya ) dgn dana Rp. 1.000.000 udah bagus koq

3. Kursi Ruang tunggu, ini yang paling diremehkan oleh pemilik bengkel umum. Seadanya yang penting konsumen bisa duduk. Kunooo men. Sekarang ini jaman pelayanan. Buat konsumen senyaman mungkin, kalo perlu kasih hiburan TV ato minimal ada bahan bacaan. Dananya Kursi R. Tunggu, TV, Bahan bacaan  : Rp. 1.500.000

4. Siapkan piping system, seperti di bengkel-bengkel resmi. Paling tidak miriplah, soalnya cukup mahal bo! Bisa Rp. 1,5 jeti per pit service. Jadi kalo 5 pit, udah Rp. 7,5 Juta sendiri. Belum filter oil en udaranya. Sampe Rp.10.000.000 / 5 pit.Pemasangannya panggil tukang pipa.

5. Sediakan Pit service khusus yang tertata rapi, jangan setiap ruang kosong di buat service( lihat artikel panduan praktis mendirikan bengkel motor ). Lay outnya silakan lihat nanti penulis siapkan.

6.  Nah yang paling besar apaaan? Jelaaas Spare Part!!!  Kalo anda punya modal Rp. 50 juta adalah angka yang aman untuk kota besar, seperti Surabaya. Tapi gimana kalo gak laku? Nah jangan langsung dibelanjakan semua, beli dulu part-part fast moving, seperti kampas rem, kampas kopling, dispatch, gear set, accu en laen2. Jangan yg slow moving, seperti Knalpot, Velg dan sebangsanya. Bingung? Sekali lagi kenalan ma mekanik, minta advisenya. Ntar kalo udah jalan baru ketahuan karakter daerah anda itu, konsumennya suka meghabisin part apaan. Karena kebiasaan suatu daerah tuh laen-laen Bos…

7. Koq disuruh bawa-bawa mekanik terus seh? Nah ini yang penting sebenarnya. Kiat mudahnya bikin bengkel, anda kalo udah punya lokasi cari mekanik yang bagus ( kalo bisa yg murah juga, tp jgn terlalu berharap deh ). Saya termasuk yang tidak setuju paham : Kalo mau bikin bengkel harus paham mesin en bisa servis!!!! No way men. Yang paling penting dalam setiap usaha adalah intuisi kita dalam melihat peluang. Jadi caranya ambil langsung mekanik yg bagus untuk membantu persiapan mendirikan bengkel – meski korban bayar gaji 1 bulan tanpa dapat untung – gak masalah. Anda dapat keuntungan yang lain yaitu bengkel yang sudah siap opersional. Siapkan dana Rp.1.000.000 deh

Apakah gak kemahalan? Tergantung kualitasnya, bisa mahal bisa murah. Tapi prinsipnya cukup 1 orang mekanik yang pinteeer, yang lain cukup bisa servis ringan aja jadi bisa dibayar murah. Jangan pintar semua, selain bayarnya mahal kemungkinan kacau cukup besar, karena semuanya saling menonjolkan diri sendiri. Jadi gak efektif.

8. Papan Nama. Ini sangat perlu karena semua usaha harus punya Trade Mark. Gimana seh cara enaknya? Gandeng sponsor! Sssttt tak kasih bocoran ya. Daftarkan aja bengkel anda jadi jaringan Spare Part resmi, jadi bukan bengkelnya. Karena peluang menjadi jaringan spare part jauh lebih mudah daripada servis. Kalo gak? Gandeng aja produk-produk oli ato yg laen. Yang penting ada namanya!

9. Is that All? Gak seh banyak juga. Cuman gini aja untuk sementara dah cukup koq! Sederhananya kalo bengkel sekelas Surabaya, diluar lokasi dan bangunan angka Rp. 75 – 100 juta adalah angka yg aman. Kalo di kab. Kecil seperti Madiun, lumajang de el el yaa Rp. 50 -75 Juta dah aman.

d)    Promosi dan Pelayanan.

Nah… terus terang aja kalo membahas soal Promosi dan pelayanan sangat luas dan menantang. Penulis akan berikan kiat-kiatnya dalam artikel tersendiri. Karena akan saya bahas mengenai berbagai jenis promosi dan pelayanan dimana saya yakin tidak hanya bengkel umum aja yang perlu menerapkannya. Bengkel Resmi pun perlu untuk melakukan inovasi supaya bengkelnya lebih kompetitif dibanding kompetitornya tentu saja.

Ok…. Tunggu artikel berikutnya.

 


Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: