Promosi dan Pelayanan Bengkel

8 02 2008

 Seorang teman pernah berkata, “ Sebaik-baiknya barang yang dibuat oleh orang atau pabrik terkenal tapi kalau tidak bisa dijual maka itu adalah barang yang jelek, sebaliknya walaupun barang itu tidak terlalu istimewa tetapi banyak yang meminatinya maka itu adalah barang yang bagus!!!

Hal yang paling penting dalam menjual apapun, yaitu pembeli harus tahu lebih dulu produk yang akan kita jual. Bagaimana dia bisa membeli kalo dia tidak tahu bahwa barang itu ADA!!!

Nah prinsip yang sama terjadi pada saat kita mo menjual Bengkel kita. Langkah pertama adalah mengenalkan Bengkel Kita kepada orang laen sebanyak-banyaknya ( baca Promosi )

OK, Berikut ini adalah tips-tips strategi Maketing Bengkel. Yang cocok bisa anda terapkan yang tidak…. Yaa dibuat cocok aja………🙂

First Day ( 1st day ) :

Pengadaan konsumen.

Hmmm saya yakin anda sedikit bingung, konsumen koq diadain? Simple aja, bagaimana anda bisa mendapatkan konsumen pada hari pertama ( 1st day ) anda buka bengkel, sedang orang lain tidak tahu sebelumnya? Untuk memberikan efek Booming kepada orang lain, maka anda harus bisa membuat bengkel anda laris pada hari pertama. Caranya :

  1. Anda “mengundang” konsumen : Baik yang anda sudah kenal atau tidak. Pastikan konsumen itu datang, dengan cara anda beri kupon servis gratis atau pake mekanisme yang lain ( pake daftar tamu misalnya ) yang tidak mengundang pertanyaan kalo misalnya ada konsumen “non undangan” kebetulan ada yang datang pada hari itu.

  2. Berapa orang? Anda bisa bikin program ini 1 – 2 minggu berturut-turut. Cara perhitungan jumlah konsumen yang diundang, anda hitung jumlah mekanik kemudian kalikan 6 unit.

  3. Pekerjaan mekanik untuk tune up rata-rata 40 – 50 menit dan ditambah toleransi kesalahan hari pertama – 7 hari kemudian. Masing-masing unit dikerjakan 60 – 75 menit. Jadi 1 mekanik = 6 unit adalah angka yang aman, masih ada waktu untuk menservis konsumen “non undangan” jika ada yang datang. Tidak terlalu banyak atau sedikit.

So…..kalo anda punya 2 mekanik, maka undangan anda :

2 orang x 6 unit x 7 hari = 84 orang

Asumsi Jasa Service Rp. 20.000

Maka Budget anda Rp. 20.000 x 84 orang = Rp. 1.680.000

Terus gak ada untungnya donk….:( ?

            Sekali lagi keuntungan tidak selalu harus materi, biaya diatas bukan pemborosan tapi merupakan biaya promosi. Orang yang anda undang jadi tahu kalo ada bengkel anda dan kualitas service-nya. Orang yang lihat bengkel anda jadi tahu kalo ada bengkel baru yang buka dan langsung RAME!!! Secara psikologis, orang akan tau kalo bengkel itu bagus apa tidak dengan melihat jumlah konsumen yang datang.

Bayangkan kalo anda baru pertama buka bengkel, trus misalnya kebetulan gak ada yang datang sama sekali!!! Orang yang lihat, akan tau kalo bengkel itu baru dan gak ada peminatnya. Cukup berat dan mahal untuk memulai perkenalan usaha anda tanpa promosi sama sekali, bukan?

Yang anda gratiskan adalah jasa service ringan ( tune up ). Kalo misalnya undangan anda beli oli ato spare part yang lain, ya… tidak gratis. Gitu aja koq bingung :) . Jadi masih ada untungnya kan?

 

  • Pemilihan konsumen yang diundang
  1. Orang yang anda undang, pastikan 80% keatas dia bisa datang. Jadi cari teman-teman anda dulu. Mulai kumpulkan alamat sama telp mereka, dan beri undangan resmi tapi gak usah formal banget … Eh juga cari tahu jenis sepeda mereka. Gak lucu kan kalo mekanik anda gak bisa menservis sepeda motor yang datang?                  

  2. Orang – orang sekitar bengkel. Nah saran saya kalo mo buka bengkel, bikin persiapan tidak hanya internal tapi juga external. Yaitu mulai mengkondisikan lingkungan dan orang-orang sekitar bahwa ada bengkel yang akan berdiri disitu. Dengan cara gimana? Yaa silahturahmi, mulai memperkenalkan diri, de el el lah…. Kemudian pada saat malam sebelum buka, orang-orang sekitar bengkel diundang untuk syukuran. Nah pada saat itu diumumkan aja untuk menyambut launching bengkel baru, akan dibuka 1 pekan servis gratis tempat terbatas!!!

 

  • Pembagian hadiah, souvenir, discount part dan jasa service. 

          Nah kalau anda gak tertarik dengan metode diatas, anda bisa cari cara yang lebih konvensional. Yaitu bagi – bagi hadiah… Jadi sebelum bengkel dibuka, anda harus pasang pemberitahuan besar-besar. Baik berupa spanduk ( yang digital printing yaa biar agak kerenan ) ataupun brosur – brosur yang memberitahukan bahwa akan ada Banjir Hadiah Besar – besaran di Bengkel anda. Ingat hadiah gak usah terlalu besar tapi yang penting banyak. Biar konsumen yang dapat hadiah pun merata…

 

Ada lagi…? Ya jelas ada lah, tapi untuk sementara promosi first day, sudah cukuplah…. Ntar kita sambung lagi dengan berbagai promosi dan kiat-kiatnya…. Ok

Bagaimana komentar anda ( postkan di halaman “Ehmmm Gimana Ya?” )

 

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: