BOOKING SERVICE

2 06 2008

Salah satu keluhan dari para konsumen adalah : Waktu antrian yang sangat lama, sehingga para konsumen lebih prefer kepada bengkel – bengkel ( baca : bengkel umum ) yang memberikan pelayanan service yang tidak perlu menunggu lama. Karena konsumen kan punya kesibukan sendiri-sendiri sehingga kalo nunggu lama untuk service, rasanya buang-buang waktu banget gitu.

Kenapa bengkel umum lebih cepat pelayanannya?  Yaa tentu aja, bengkel umum kan lebih sepi dibanding bengkel resmi !!

 

Kalo ada pendapat seperti itu, maka pertanyaan berikutnya yang segera muncul adalah : apakah itu berarti kalo bengkel resmi yang ramai, pelayanan servicenya Harus menunggu lebih lama????

 

Kalo jawaban anda : Ya,    maka saran saya sebaiknya anda mandi-mandi dulu biar segar dan otak lebih fresh…terus kita ngopi bareng aja, gak usah ngomongin macem-macem, supaya gak tambah bête.

 

Kalo Jawaban anda : Tidak, maka next step, baca terus artikel ini ampe khatam yee.

 

Hampir semua pelayanan ( terutama fasilitas publik ), juga bengkel mobil, praktek-praktek dokter, semuanya sekarang udah punya fasilitas pesan tempat / booking.

Keuntungannya luar biasa sekali sebenarnya. Seramai apapun bengkel anda, maka hal itu tidak akan dirasakan oleh konsumen sebagai kendala untuk mendapatkan servis yang cepat. Konsumen cukup pesan tempat ke bengkel, mau di servis jam berapa. Tinggal bengkel mengatur konsumennya minimal harus datang jam berapa ke bengkel. Beres kan?

 

Nah, apa yang harus dipersiapkan, supaya program Booking Servis ini bisa berjalan dengan baek….?

 

1.      Promosikan Program Bengkel secara luas kepada semua konsumen baik yang sudah masuk bengkel maupun calon potensial konsumen laennya. Baik via spanduk atau brosur-brosur untuk calon konsumen di luar dan X-Banner untuk konsumen didalam bengkel. Ingat Bengkel adalah usaha yang bergerak di bidang Jasa, sehingga semua fasilitas-fasilitas bengkel harus ditunjukkan ke semua orang. Alias… Pamer !!!

 

2.      Informasikan Program Booking Servis ini, secara jelas kepada konsumen yang ada di bengkel, baik mengenai adanya Program Booking servis ini, juga berapa konsumen yang sudah Booking di hari itu. Bayangkan bila ada konsumen yang sudah antri lama, tiba-tiba dia melihat ada konsumen lain yang baru datang dan langsung dilayani!!! Kalo dia langsung pulang gak jadi servis itu sudah syukur, ..karena yang mungkin terjadi akan ada kata-kata “mutiara” dari konsumen tersebut ke anda.

 

3.      Fasilitas Telpon yang mudah dihubungi. Jadi idealnya ada telpon khusus di bengkel. Jangan dicampur ama telpon rumah. Kalo susah dihubungi, itu merupakan black campaign juga lho. Ati-ati….

 

4.      Ada tempat khusus Parkir Booking Servis. Kalo lahannya sempit gimana? Anda dapat mensiasati dengan memberikan nomor Khusus Booking Servis, yang mempunyai warna yang laen dengan nomor antrian biasa ( Non Booking ).

 

5.      Estimasi waktu servis.                                                                                                 Bila anda mempunyai 4 Pit ( tempat servis )

rata-rata perhari : 10 unit / mekanik-hari

kecepatan servis tune up : mis. 30 menit / unit

Maka total unit per hari adalah : 4 x 10 = 40 unit

Jika Total Booking / hari : 5 unit, maka anda maksimal menerima unit : 35 unit

Karena service tune up rata-rata 30 menit, maka konsumen yang hendak booking dapat memilih waktu dengan kelipatan 30 menit.( mis. 08.00, 08.30, 09.00 dst )

 

6.      Persyaratan Booking Service:

Jenis service yang dilayani : – semua pekerjaan yang memekan waktu l.k. 30 – 45 menit ( mis. Tune up, ganti part, repair ringan dll )

Beri batasan waktu kedatangan : – misal 30 – 20 menit sebelum jam booking, konsumen harus datang untuk regristrasi. Kurang dari itu maka jam booking dianggap hangus dan konsumen harus antri seperti lainnya ( kecuali anda punya policy lainnya )

Saat menerima Booking via telpon, catat :                Nama

                                                                   –           Alamat

                                                                   –           Type kendaraan / Nopol

                                                                   –           Jenis service

                                                                   –           Jam Booking

 

 

Nah, mungkin ada hal-hal laen yang perlu di improve, it’s ok.Bottom line-nya adalah Booking service bisa jadi selling point bengkel anda. Sehingga bisa jadi kedepannyananti mayoritas yang service di bengkel anda adalah konsumen yang sudah booking lebih dulu!!! Keren kan?!?!

 Puas? Belum? No big deal, saya juga bukan type Pria pemuas koq… J


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: