GARANSI SERVICE

17 06 2008

Nah salah satu strategi promosi yang cukup menarik adalah menantang konsumen!!! Iya pada dasarnya sifat manusia adalah melanggar aturan. Bila diruangan ada tanda dilarang merokok, maka akan ada kebanggaan tersendiri bila kita bisa merokok disitu tanpa dilarang ato tidak ketahuan… bener gak???

Prinsip yang sama bisa diterapkan di bengkel. How?

Buktikan kualitas servis di bengkel anda adalah yang terbaik, dengan cara: Tantang konsumen untuk membuktikan kalo kualitas service di bengkel anda jelek ato tidak sesuai harapannya.

Perlu dipahami, kalo ada konsumen yang complain atas pekerjaan/ servis kita maka bersyukurlah. Karena konsumen tersebut ternyata berbuat lebih meskipun kita memberikan pelayanan yang buruk. Yaitu :

 

1.      Dia tidak langsung pindah ke bengkel lain alias masih loyal

2.      Dia masih mau capek-capek datang ke bengkel kita hanya mau memberitahu kalo pekerjaan mekanik kita tidak baik

3.      Dia juga masih mau memberitahu bagian mana dari motornya atau mekanik mana yang pekerjaannya kurang tepat

4.      Dia masih bersabar mau motornya diperbaiki ulang di bengkel kita… dst

Tentu saja dengan intonasi yang macam-macam dari yang putri solo sampai orang batak …. He-he-he no offend just kidding.

 

Tapi substansi dari konsumen complain ya seperti yang saya uraikan diatas, jadi dengan sekian banyak upaya dari konsumen masa tidak ada appresiasi dari kita?

 

Lebih merugikan kalo konsumen kecewa dengan hasil pekerjaan kita, tidak mau kembali dan malah memberitahu kepada temen2nya kalo bengkel kita, bengkel yang jelek!!! Black campaign kan?!?! Memperbaiki Efek berantainya lebih mahal ketimbang ongkos memberikan servis ulang……

 

Bila keluhan konsumen ternyata benar, emang service yang kita berikan ada kekurangan ato ada point service yang kelewat…

Maka yang harus segera anda lakukan : minta maaf, service ulang dan berikan reward / hadiah yang menarik… that the best thing to do, isn’t it?

Untuk itu berikan pemberitahuan such as:

“ Servis motor anda disini dijamin Puas, kalo tidak uang kembali 100%”

“Kurang Puas dengan hasil Servis Kami? Silakan kembali untuk diperbaiki dan dapatkan souvenir menarik!!!! “

De el el lah….

 

 Ok, tapi gimana kalo ada konsumen yang sengaja cari-cari untung? Gak semua konsumen lurus-lurus aja kan? 

First, konsumen yang kayak gitu gak akan banyak… just 1%  – 2 % aja ( kayaknya J )

Second, anda perlu “amunisi” untuk menghadapi konsumen tersebut.

 

Amunisi ini juga berguna untuk Customer Satisfaction, so selain jadi senjata untuk menanggulangi konsumen yang “ nakal “ juga memberikan nilai tambah dari bengkel anda. Gimana caranya?

Jadi setiap service, sediakan Lembar point service yang isinya misalnya:

 

LEMBAR POINT SERVICE

 

1.      Bersihkan karburator                      Main Jet :…….     Slow Jet…….    

2.      Bersihkan Filter Udara             

3.      Cek Air Accu                                  Volt Accu  = ….. v

4.      Setel Renggang Klep                       Klep in = ……     Klep out = ……..

5.      Setel kekencangan rantai roda

6.      Cek Busi                                          Ganti                        Tidak

7.       Dst

 

 

Tergantung berapa banyak point service dalam sekali Tune Up. Berikan keterangan / catatan kalo ada komponen ato part yang bukan orisinil. Serta yang tepenting adalah pada saat Mekanik ato Kepala Mekanik anda menyerahkan sepeda motor kepada konsumen, jelaskan satu persatu point service yang telah dilakukan mekanik anda. Bila konsumen sudah mengetahui point-point service yang telah dikerjakan, maka mintalah tanda tangan konsumen tersebut dalam lembar Point service. Ini merupakan bukti tertulis bahwa konsumen mengakui atao menyatakan bahwa sepeda motornya telah diservis sesuai dengan point – point service yang dikerjakan di Bengkel anda. Sehingga bila ada complain, maka tinggal di konfirmasi apakah complain tersebut betul – betul kelalaian dari mekanik anda ato sengaja diada-adakan oleh konsumen tersebut.

 

Positifnya lagi, konsumen jadi benar-benar tahu sepeda motornya diapakan aja oleh mekanik anda tanpa perlu dia harus nungguin dan ngliatin sendiri sepeda motornya di servis!!!

 

Sebagai pertimbangan, di AHASS garansi servis yang biasa berlaku untuk Tune Up : 1 minggu atau 500 km dan Heavy Repair : 1 bulan atau 1000 km. Mana yang dicapai lebih dulu.

 

 

Bagaimana menurut anda????


Aksi

Information

2 responses

29 08 2013
sri setyanigsih

terimakasih atas sharingnya. saya akan anjurkan suami saya untuk membaca ini agar, usaha bengkel kami, makin berkembang. aamiin🙂

8 08 2016
Admin

Terima kasih atas perhatiannya Bu, Semoga usaha suaminya Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: