CUCI GRATIS

26 06 2008

        Pernahkah anda servis di Bengkel Resmi Honda ( AHASS ) di Jawa Timur khususnya didaerah Madiun, Kediri, Sidoarjo dan sekitarnya? Anda akan mendapati pelayanan Plus – Plus yang tidak anda temui di Kota-kota Besar, Surabaya misalnya. Berbagai promosi Bengkel yang pernah saya tulis di Blog manpower ini, bisa-bisa diterapkan disatu bengkel. Tapi pasti didaerah, bukan di Surabaya…. Why ?

Inilah enaknya tinggal di Kota-kota besar seperti di Surabaya. Selain populasi sepeda motor yang jauh lebih banyak, tingat kesadaran konsumen untuk merawat sepeda motornya rata-rata lebih tinggi dibanding didaerah. Sehingga tanpa mengeluarkan “keringat yang berlebih”, para pemilik bengkel di Kota besar bisa dengan mudah menarik konsumen untuk service.

     Yaa tentu saja tidak semudah itu, tanpa didukung perhitungan yang memadai bisa-bisa anda juga dapat bangkrut dengan suksesnya..(baca “Panduan Cara Praktis mendirikan Bengkel Motor“ ).

Hanya maksud kita orang adalah dengan perhitungan, lokasi, skill, peralatan dan promosi yang sama, potensi keberhasilan di Kota Besar lebih besar dibanding kota kecil. Jadi mau gak mau, pemilik bengkel kota kecil harus berkreasi bahkan berinovasi lebih dari “jirannya” di Kota Besar.

Salah satu yang saya anjurkan adalah Cuci Gratis!!! Pikirkanlah sejenak apa aja seh harapan konsumen kalo menserviskan sepeda motornya? Tentu aja sepeda motornya menjadi lebih enak dan nyaman kalo dikendarai… tapi bila itu terpenuhi, dan konsumen mendapati sepeda motornya jadi bersih dan “layak” dikendarai. What their opinion?

Hampir semua bengkel mempunyai mekanik yang rata-rata bisa menservis atau merepair sepeda motor. Jadi bagi konsumen tak penting mau servis dimana aja toh hasilnya sama-sama baek. Pada point inilah bengkel butuh different-siasi. Butuh sesuatu yang unik untuk bisa membedakan bengkel anda dengan bengkel yang laen.

Bila anda menerapkan salah satu pelayanan yang memuaskan konsumen ( baca cuci gratis ), sebenarnya anda telah menempatkan Posisi Bengkel anda diatas bengkel-bengkel yang laen.. ( yg belum menerapkan lho, kalo sudah ya… sama aja )

Bagaimana perhitungannya? Sebenarnya yang menghabiskan banyak di cuci gratis itu adalah air. Karena sabun ( apalagi sabun cair ) dengan modal Rp. 10.000 saja, bisa untuk cuci ratusan sepeda motor. Jadi kalo air di bengkel anda bukan dari PDAM  alias Air Tanah ( Sumur ), perlu anda pertimbangkan cara ini. Bagaimana dengan SDM-nya? Silakan anda cari orang yang – maaf – gak usah terlalu pinter, pekerjakan dan gajilah sesuai dengan banyaknya unit yang dicuci.

Say… kalo tarif  jasa service anda Rp. 17.500 anda bisa mulai berpikir untuk menaikkan Rp. 20.000. Apa untuk Cuci Gratis ? Bukan, karena BBM kan naik, jadi apa-apa kan ikut naik! Gak ada hubungannya dengan uraian diatas donk ? ya gak ada kan Gratis Cucinya…?  Lho?  L  Bingung? Yaaa terserah anda, yang penting berikan komisi kepada Tukang cucinya sesuai dengan unit yang dikerjakan. Mis. Rp. 1.500 / unit ato laennya. Karena akan sangat memberatkan anda kalo di Gaji tetap.

Yang hebat lagi, di daerah-daerah yang saya sebutkan diatas. Tidak hanya Cuci Gratis biasa…. Tapi Cuci SALJU Gratis!!!! Yaaa Cuci SALJU Gratis.

Wow, apa gak rugi tuh, Cuci Salju koq di Gratisin? Inilah pinternya temen-temen AHASS didaerah tsb, karena ternyata yang memerlukan biaya lebih hanya Pengadaan Alat Cuci Salju. Sedangkan air dan sabunnya yaaa sama aja.

Alat Cuci Salju, dipasaran emang mahal bisa jutaan. Nah untuk itu sengaja saya riset sendiri gimana cara bikin Cuci Salju. Setelah beberapa kali mendesain alat yang seekonomis mungkin, ternyata kelar juga pembuatannya. Nah bagi yang tertarik bisa baca ( terus pesan ya…. J ) di ALAT CUCI SALJU. Anda bisa menekan harga dengan meminta desain sesuai kebutuhan anda… Asyik kan?

Oh yaa… Jangan Lupa Cucilah Sepeda Motor SEBELUM DI SERVICE jangan sesudah Service. Karena selain memudahkan mekanik untuk menservis, juga setelan Sepeda Motor ( mis. setelan klep ) lebih baik bila di adjust dalam keadaan dingin.

Apa nanti gak kotor lagi setelah dicuci trus di Service? Nah yang pertama.. Singkirkan Paradigma yang mengatakan Bengkel itu harus Kotor!! Kalo anda perhatikan bengkel-bengkel resmi Sepeda motor ( yang bagus ya ) maka kebanyakan dari mereka, lingkungannya pasti bersih, jauh dari kesan kumuh. Untuk itu disiplinkan mekanik anda untuk selalu membersihkan tempat kerjanya, karena dari kebersihan tempat kerja anda bisa menilai kualitas mekanik anda. Yang kedua, harus ada petugas di Final Check selain untuk mengecheck kuailtas service juga untuk membersihkan bekas-bekas yang ditimbulkan mekanik saat menservis. Kemudian kasih Silikon biar tambah sempurna “ cling” nya. Mahal? Gak… Banyak Silikon yang murah dengan kualitas yang Bagus.

So…. Let’s give you’re the best Service!!!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: