SHARING INVESTASI ( SAHAM ) 100 % UNTUNG !!!!

30 10 2008

Beberapa kali saya ditawari bergabung dengan berbagai perusahaan Multi Level Marketing (MLM), begitu banyak program atau keuntungan yang didapat bila jadi join sebagai Member.

Terus terang saya sangat tertarik dengan konsep Multi Level tersebut, bukan sebagai member tapi lebih kepada siapa pembuat ide pemasaran jenis itu.

Bagi saya ( menurut saya lho ), Kreator Ide MLM itu Puinteeer banget. Pemilik Multi level tersebut sangat diuntungkan dengan konsep jaringan ini. Mereka memiliki tenaga-tenaga pemasaran yang loyal dan militan untuk memasarkan produknya…. Marketing Lewat Mulut katanya…. 🙂

Perusahaan dibidang apapun akan sangat mudah berkembang dan kokoh, bila mempunyai tenaga-tenaga pemasaran yang sangat gigih. Kenapa mereka mempunyai marketer-marketer yang tangguh? Bagi saya itu adalah hubungan sebab – akibat yang sangat normal.

Perusahaan menawarkan keuntungan yang luar biasa bagi para marketernya bila mereka mencapai target yang ditentukan bahkan dengan insentif-insentif luar biasa, yang bagi sebagian (besar) orang itu hanya sebatas mimpi indah. Para marketerpun merasa keuntungan yang ditawarkan Perusahaan ‘secara teori’ sangat bisa dicapai, karena Perusahaan bisa meyakinkan marketernya dengan guidance yang jelas dan lengkap.

Nah atas dasar pemikiran tersebut, apakah kira-kira konsep MLM bisa diterapkan di Bengkel?

Saya mengenalkan konsep Sharing Investasi di Bengkel… wah kerenkan bahasanya ..  🙂 . Gak persis-persis amat seeh dengan konsep MLM diatas tapi paling gak miriplah, kalo pembaca masih gak setuju yah pokoknya gak jauh-jauh amat deh.

Sharing Investasi ini sebenarnya lebih mudah untuk diterapkan di Bengkel-bengkel Resmi ( mis. AHASS, YSS dll ) daripada bengkel umum, tapi bukan berarti bengkel umum gak bisa menerapkan. Kenapa? Gini nih ceritanya….

Konsep Sharing Investasi ini sebenarnya menawarkan ke Publik ( baca : konsumen ) untuk bisa berinvestasi dengan menanam modal di Bengkel.

Kayaknya biasa aja ya? Tapi bagaimana kalo diberi Jaminan bahwa Siapapun yang Menanam Modal di Bengkel Pasti Untung dan di Jamin Tidak Akan Rugi!!!!!

Nah lo… apa ada bisnis yang menawarkan kerjasama dengan jaminan Semenarik itu? Biasanya seeh kalo ada di kasih syarat-syarat tertentu macam Operator Seluler… 🙂

Tetapi sebenarnya Sharing Investasi dengan jaminan 100 % untung bagi penanam modalnya ini bisa dilaksanakan dan sangat masuk akal.

Penerapannya saya beri contoh di Bengkel Resmi Honda yaitu AHASS ( ingat ini bisa juga diterapkan di Bengkel Resmi atau Umum Lainnya ). Kenapa Bengkel Resmi lebih Mudah?  Bengkel Resmi mempunyai aturan yang standar dan harus dipatuhi, misalnya dalam pemakaian Minyak Pelumas ( Oli ). AHASS diwajibkan memakai Oli Federal dan YSS  wajib pakai Yamalube.

Sebuah AHASS yang sudah beroperasi dengan baik dan mempunyai data-data performance bengkelnya setiap tahunnya akan mempunyai nilai rata-rata unit motor yang masuk ke Bengkel dengan stabil. Dengan data-data tersebut, pemilik bisa memprediksi jumlah motor yang masuk ke bengkelnya pada bulan-bulan mendatang. Jumlah motor yang service dan ganti oli bisa dirata-rata sehingga kebutuhan Oli untuk satu bulan dapat diketahui. Dan enaknya oli yang diganti ya pasti Oli Federal!!!

Sebut saja dalam tiga bulan, motor yang ganti oli rata-rata berjumlah 300 unit. Maka bisa dibilang kemungkinan besar bulan depan AHASS tersebut bisa menjual oli minimal 200 unit. Benar kan…?

Nah bila pemilik melakukan Sharing Investasi, dia akan menawarkan kepada Publik / konsumennya untuk membeli 200 botol Oli tersebut.

Bila sebotol Oli dia beli dengan harga Rp. 20.000 dan dia jual kepada konsumen pada hari-hari biasa seharga Rp. 23.500. Maka untuk penawaran Sharing Investasi ini Pemilik menjual 200 botol Olinya (misal) seharga Rp. 21.000/botol. Sehingga totalnya sejumlah Rp.4.200.000.

     Orang yang membeli Oli tersebut, diwajibkan menjual oli-olinya ke konsumen yang lain dengan persyaratan harus diganti di bengkel AHASS tersebut dengan harga jual yang sama di bengkel itu yaitu Rp. 23.500/botol. Wah berat banget ya syaratnya…?  Jangan khawatir, bila diakhir bulan kalo gak laku atau gak habis semua, AHASS akan membeli botol oli yang tersisa dengan harga (misal)  Rp. 22.000/ botol . Seandainya tidak laku semua, Pemodal tetap untung ( Rp. 1000 x 200 botol )  Rp. 200.000 tetapi kalo laku semua dia untung ( Rp. 2.500 x 200 botol ) Rp. 500.000. Sudah lebih tinggi dari bunga Bank kan, laku atau gak?

      Keuntungan AHASS tsb jelas turun donk…. Dari Ilustrasi diatas aja keliatan udah rugi    ( keuntungannya kan berkurang ) Rp. 200.000. Apalagi kalo Penanam saham itu cuman pengen untung aja sehingga dia cuman diem aja gak ngapa-ngapain tapi dapat Rp. 200 ribu!!!!

Nah emang itu kerugiannya, tapi saya yakin pembaca udah mengetahui keuntungan-keuntungan yang bisa didapat dari system diatas….

a.       Kita dapat tenaga Sales hanya dengan membayar Rp. 200.000. Jika yang membeli lebih dari satu orang utk 200 botol, maka Tenaga yang membantu mempromosikan bengkel kita ( karena beli oli harus ke bengkel ) upahnya juga semakin murah. En kayaknya jarang ada bengkel yang punya Sales, kecuali Toko Spare Part itupun yang besar aja.

 Cat. Kalopun ada yang punya pemikiran sendiri misal tidak harus di bengkel, itupun gak masalah hanya soal teknis.

b.       Pemilik Bengkel harus selektif dalam memilih para penanam Modal di bengkelnya harus diberi target pula ( meski tidak harus seekstrem sales ), tapi jangan lupa juga mereka adalah orang yang punya uang, bukan sekedar sales. Jadi kalo penjualan mereka cenderung turun ( karena mereka kurang giat bukan karena pasaran sepi), ya udah gak usah diperpanjang tentu dengan penyampaian yang baik.

c.       Anda mendapatkan uang tunai didepan, karena penanam modal kan harus bayar dulu baru dapat Oli ( yang tetap ditaruh dibengkel!!! ) sementara kita bisa membeli oli secara regular. Uang Cash bagi seseorang yang berjiwa wirausaha pasti sangat sayang kalo gak diputar!!!

d.      Tapi yang paling terpenting adalah : anda membuat orang lain ( konsumen anda ) merasa ikut memiliki Bengkel anda. Itu akan membuat anda memiliki konsumen loyal, yang secara otomatis akan mempromosikan Bengkel anda. Dan terbukti Promosi lewat mulut jauh lebih effektif dibanding hanya dengan brosur bukan. Dengan system ini, anda bisa memaintain konsumen anda tanpa biaya yang berlebihan.

e.       Yang harus diperhatikan, system ini membutuhkan administrasi bengkel yang baik Karena perhitungan-perhitungan didalamnya yang walopun keliatannya sederhana tapi cukup rumit juga. Apalagi bila anda mau mengembangkannya dengan part-part yang lain serta dikombinasikan dengan system-sistem bonus/insentif.

 

Tertarik…..? Just do the plan….check your work then take the necessary action…

Comment?


Aksi

Information

One response

17 08 2013
Free Classified Website

Reply for post : “SHARING INVESTASI ( SAHAM ) 100 % UNTUNG !!!!”

Nice blog, it helpfull for me, can you share this template ?
Review my classified website : http://nullads.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: